Muhammad Bin Muhammad Bin Muhammad Abu Hamid Al-Ghazali Al-Mujtahid Al-Faqih Al-Ushuli Al-Mutakallim Ath-Thusi Asy-Syafi'i, atau yang lebih dikenal dengan Imam Al-Ghozali. Beliau dilahirkan di Thus pada tahun 1058 M / 405 H. Al-Ghozali adalah seorang filsuf dan teolog muslim.Gelar Al-Ghozali didapatkan nya karena ayahnya sebagai pemintal bulu kambing dan tempat kelahiran nya berada di Ghazalah daerah bandar Thus, Khurasan, Persia (Iran). Ayahnya merupakan juga seorang sufi, menjaga hati dan tangan nya untuk selalu melakukan yang halal. Sebelum meninggal dunia, ayah nya menitipkan Abu hamid Al-Ghazali dan saudaranya Ahmad Al-Ghazali kepada temannya yang juga seorang sufi.
Setelah beranjak dewasa, Abu hamid Al-Ghazali dan saudaranya Ahmad Al-Ghazali di sekolahkan di madrasah Nizhomiyah di baghdad Irak. Setelah Abu hamid Al-Ghazali menguasai berbagai bidang ilmu, baik dalam ilmu fiqih, ilmu jidal (debat), ilmu ushul fiqih dan filsafat, beliau menjadi konselor di madrasah Nizhomiyah, pusat pengajian tinggi di Baghdad, Irak.
Perjalanan Mencari Ilmu
Al-Ghazali pada waktu kecil belajar kepada ayahnya meliputi belajar Al-Quran dan dasar-daar keagamaan yang lain. Dilanjutkan belajar kepada teman ayahnya yang juga seorang sufi. Selanjutnya beliau masuk ke madrasah Nizhomiyah. Beliau mempelajari pokok-pokok islam. Diantara kitab hadits yang beliau pelajari :
1. Shohih al-bukhori, kepada Abu Sahl Muhammad bin Abdullah Al Hafshi
2. Sunan Abi Daud, beliau belajar dari Al Hakim Abu Al Fath Al Hakimi
3. Maulid An Nabi, beliau belajar pada dari Abu Abdillah Muhammad bin Ahmad Al Khawani
4. Shahih Al Bukhari dan Shahih Al Muslim, beliau belajar dari Abu Al Fatyan ‘Umar Al Ru’asai.
Setelah imam kharamain wafat kemudian
beliau pergi ke Baghdad dan mengajar di Nizhamiyah. Beliau mengarang
tentang madzhab kitab al-basith, al- wasith, al-wajiz, dan al-
khulashoh. Dalam ushul fiqih beliau mengarang kitab al-mustasfa, kitab
al- mankhul, bidayatul hidayah, al-ma’lud filkhilafiyah, syifaal alil fi
bayani masa ilit dan kitab-kitab lain dalam berbagai fan.
Antara tahun 465-470 H. imam
Al-Ghazali belajar fiqih dan ilmu-ilmu dasar yang lain dari Ahmad Al-
Radzaski di Thus, dan dari Abu Nasral Ismailli di Jurjan. Setelah imam
al-Ghazali kembali ke Thus, dan selama 3 tahun di tempat kelahirannya,
beliau mengaji ulang pelajaran di Jurjan sambil belajar tasawuf kekpada
Yusuf Al Nassaj (w-487 H). pada tahun itu imam Al-Ghazali berkenalan
dengan al-Juwaini dan memperoleh ilmu kalam dan mantiq. Menurut Abdul
Ghofur itu Ismail Al- Farisi, imam al-Ghozali menjadi pembahas paling
pintar di zamanya. Imam Haramain merasa bangga dengan pretasi muridnya.
Walaupun kemashuran telah diraih
imam al Ghazali beliau tetap setia terhadap gurunya sampai dengan
wafatnya pada tahun 478 H. sebelum al Juwani wafat, beliau
memperkenalkan imam al Ghazali kepada Nidzham Al Mulk, perdana mentri
sultan Saljuk Malik Syah, Nidzham adalah pendiri madrasah al
nidzhamiyah. Di Naisabur ini imam al Ghazali sempat belajar tasawuf
kepada Abu Ali Al Faldl Ibn Muhammad Ibn Ali Al Farmadi (w.477 H/1084
M).
Setelah gurunya wafat, al
Ghazali meninggalkan Naisabur menuju negri Askar untuk berjumpa dengan
Nidzham al Mulk. Di daerah ini beliau mendapat kehormatan untuk
berdebat dengan ‘ulama. Dari perdebatan yang dimenengkan ini, namanya
semakin populer dan disegani karena keluadan ilmunya. Pada tahun 484
H/1091 M, imam al Ghazali diangkat menjadi guru besar di madrasah
Nidzhamiyah, ini dijelaskan salam bukunya al mungkiz min dahalal.
Selama megajar di madrasah dengan tekunnya imam al Ghozali mendalami
filsafat secara otodidak, terutama pemikiran al Farabi, Ibn Sina Ibn
miskawih dan Ikhwan Al Shafa. Penguasaanya terhadap filsafat terbukti
dalam karyanya seperti al maqasid falsafah tuhaful al falasiyah.
Pada tahun 488 H/1095 M, imam al
Ghazali dilanda keraguan (skeptis) terhadap ilmu-ilmu yang
dipelajarinya (hukum teologi dan filsafat). Keraguan pekerjaanya dan
karya-karya yang dihasilkannya, sehingga beliau menderita penyakit
selama dua bulan dan sulit diobati. Karena itu, imam al Ghazali tidak
dapat menjalankan tugasnya sebagai guru besar di madrasah nidzhamiyah,
yang akhirnya beliau meninggalkan Baghdad menuju kota Damaskus, selam
kira-kira dua tahun imam al Ghazali di kota Damaskus beliau melakukan
uzlah, riyadah, dan mujahadah. Kemudian beliau pihdah ke Bait al Maqdis
Palestina untuk melakukan ibadah serupa. Sektelah itu tergerak hatinya
untuk menunaikan ibadah haji dan menziarohi maqom Rosulullah Saw.
Abul
Fajar al-Jauzi dalam kitabnya al asabat ‘inda amanat mengatakan, Ahmad
saudaranya imam al Ghazali berkata pada waktu shubuh, Abu Hamid
berwudhu dan melakukan sholat, kemudian beliau berkata : Ambillah kain
kafan untukku kemudian ia mengambil dan menciumnya lalu meletakkan
diatas kedua matanya, beliau berkata ” Aku mendengar dan taat untuk
menemui Al Malik kemudian menjulurkan kakinya dan menghadap kiblat.
Guru dan Murid Al-Ghazali
Imam al
Ghazali dalam perjalanan menuntut ilmunya mempunyai banyak guru, diantaranya
guru-guru imam Al Ghazali sebagai berikut :
1. Abu Sahl
Muhammad Ibn Abdullah Al Hafsi, beliau mengajar imam Al Ghozali dengan kitab
shohih bukhori.
2. Abul Fath
Al Hakimi At Thusi, beliau mengajar imam Al Ghozali dengan kitab sunan abi
daud.
3. Abdullah
Muhammad Bin Ahmad Al Khawari, beliau mengajar imam Ghazali dengan kitab maulid
an nabi.
4. Abu Al
Fatyan ‘Umar Al Ru’asi, beliau mengajar imam Al Ghazali dengan kitab shohih
Bukhori dan shohih Muslim.
Dengan
demikian guru-guru imam Al Ghazali tidak hanya mengajar dalam bidang tasawuf
saja, akan tetapi beliau juga mempunyai guru-guru dalam bidang lainnya, bahkan
kebanyakan guru-guru beliau dalam bidang hadist.
Sedangkan Imam Al
Ghazali mempunyai banyak murid, karena beliau mengajar di madrasah nidzhamiyah
di Naisabur, diantara murid-murid beliau adalah :
1. Abu
Thahir Ibrahim Ibn Muthahir Al- Syebbak Al Jurjani (w.513 H).
2. Abu Fath
Ahmad Bin Ali Bin Muhammad Bin Burhan (474-518 H), semula beliau bermadzhab
Hambali, kemudian setelah beliau belajar kepada imam Ghazali, beliau bermadzhab
Syafi’i. Diantara karya-karya beliau al ausath, al wajiz, dan al wushul.
3. Abu
Thalib, Abdul Karim Bin Ali Bin Abi Tholib Al Razi (w.522 H), beliau mampu
menghafal kitab ihya’ ‘ulumuddin karya imam Ghazali. Disamping itu beliau juga
mempelajari fiqh kepada imam Al Ghazali.
4. Abu Hasan
Al Jamal Al Islam, Ali Bin Musalem Bin Muhammad Assalami (w.541 H). Karyanya
ahkam al khanatsi.
5. Abu
Mansur Said Bin Muhammad Umar (462-539 H), beliau belajar fiqh pada imam Al
Ghazali sehingga menjadi ‘ulama besar di Baghdad.
6. Abu Al Hasan Sa’ad Al Khaer Bin Muhammad Bin
Sahl Al Anshari Al Maghribi Al Andalusi (w.541 H). beliau belajar fiqh pada
imam Ghozali di Baghdad.
7. Abu Said
Muhammad Bin Yahya Bin Mansur Al Naisabur (476-584 H), beliau belajar fiqh pada
imam Al Ghazali, diantara karya-karya beliau adalah al mukhit fi sarh al wasith
fi masail, al khilaf.
8. Abu
Abdullah Al Husain Bin Hasr Bin Muhammad (466-552 H), beliau belajar fiqh pada
imam Al Ghazali. Diantar karya-karya beliau adalah minhaj al tauhid dan tahrim
al ghibah.
Dengan demikian imam al ghozali memiliki banyak
murid. Diantara murid–murid beliau kebanyakan belajar fiqh. Bahkan diantara
murid- murid beliau menjadi ulama besar dan pandai mengarang kitab.
Wafatnya Al-Ghazali
Setelah
Al-Ghazali melanjutkan lagi perjalanannya ke Negeri Syam dan Berziarah ke
Baitul Maqdis sudah 10 tahun Al-Ghazali menetap di sana dan berpindah-pindah di
beberap Masjid kemudian bertempat di suatu gunung untuk melatih dirinya agar
tidak mengikuti hawa nafsunya dan berusaha untuk jihad di jalan Allah, selalu
beribadah dengan ketaatan sampai Al-Ghazali menjadi Ulama' terkemuka di masanya
dan mendapatkan keberkahan yang melimpah sehingga sampai di jalan keridoan
Ilahi.
Setelah Al-Ghazali kembali ke Baghdad untuk membahas tentang ilmu Hakikat, ahkirnya Al-Ghazali mengarang sebuah kitab yang berjudul 'Ihya' Ulumuddin ( Menghidupkan kembali ilmu agama). Dalam kitab 'Ihya' 'Ulumuddin terdapat Hadist Nabi Muhammad SAW yang sangat banyak sekali sehingga Al-Ghazali jika mau meletakKan Hadist Nabi SAW dicium dulu Hadist itu, jika Hadist itu harum maka Al-Ghazali menulisnya dalam kitab 'Ihya' 'Ulumuddin, jika tidak maka Al-Ghazali tidak menulisnya.
Kemudian Al-Ghazali melanjutkan ke Khurosan dan mengajar di Madrasah Nidzomiyah Naisaburi di masa yang sebentar setelah Al-Ghazali mengajar di Madrasah Nidzomiyah akhirnya kembali ke negeri kelahirannya yaitu Ath-Thusi dan belajar dari beberapa Ulama' Fiqih, beliau juga selalu menjaga waktunya untuk menghatamkan Al-Qur'an dan selalu berpuasa dan Istiqomah dalam semua bentuk ibadahnya. Imam Al-Ghazali wafat di negeri kelahirannya Ath-Thusi pada hari senin 14 Jumadil Akhir pada tahun 505 H. dan dimakamkan di Pemakaman Ath-Thobron.
Setelah Al-Ghazali kembali ke Baghdad untuk membahas tentang ilmu Hakikat, ahkirnya Al-Ghazali mengarang sebuah kitab yang berjudul 'Ihya' Ulumuddin ( Menghidupkan kembali ilmu agama). Dalam kitab 'Ihya' 'Ulumuddin terdapat Hadist Nabi Muhammad SAW yang sangat banyak sekali sehingga Al-Ghazali jika mau meletakKan Hadist Nabi SAW dicium dulu Hadist itu, jika Hadist itu harum maka Al-Ghazali menulisnya dalam kitab 'Ihya' 'Ulumuddin, jika tidak maka Al-Ghazali tidak menulisnya.
Kemudian Al-Ghazali melanjutkan ke Khurosan dan mengajar di Madrasah Nidzomiyah Naisaburi di masa yang sebentar setelah Al-Ghazali mengajar di Madrasah Nidzomiyah akhirnya kembali ke negeri kelahirannya yaitu Ath-Thusi dan belajar dari beberapa Ulama' Fiqih, beliau juga selalu menjaga waktunya untuk menghatamkan Al-Qur'an dan selalu berpuasa dan Istiqomah dalam semua bentuk ibadahnya. Imam Al-Ghazali wafat di negeri kelahirannya Ath-Thusi pada hari senin 14 Jumadil Akhir pada tahun 505 H. dan dimakamkan di Pemakaman Ath-Thobron.
Kitab Karangan Al-Ghazali
1. Ihya'
Ulumuddin
2. Al-Munqid Mina Ad-Dholal
3. Al-Iqtisod Fi Al-I'tiqod
4. Mizan Al-Amal
5. Fadhoih Al-Bathiniyah
6. Al-Qistos Al-Mustaqim
7. Faishol At-Tafarruq Bayna Al-islam Wa Az-Zindiqoh
8. Tahafut Al-Falasifah
9. Mi'yar Al-'ilm
10. Al-Maqshod Al-Asna Fi Syarh Asma'ul husna
11. Al-bhasith
12. Al-Wasith
13. Al-Wajiz
14. Al-Mustashfa
15. Al-Mankhul
16. Kimiya As-Sa'adah
17. Jawahir Al-Qur'an
18. Yaqut Atta'wil Fi tafsir Attanzil
19. Minhaj Al-'Abidin
20. Al-Arba'in Fi usuluddin
21. Maskatul Anwar
22. Ad-duror Al-fakhiroh Fi Kasfi 'ulum Al-akhiroh
23. 'Iljam Al-Awam 'an 'ilmi Al-Kalam
24. Bidayah Al-Hidayah
2. Al-Munqid Mina Ad-Dholal
3. Al-Iqtisod Fi Al-I'tiqod
4. Mizan Al-Amal
5. Fadhoih Al-Bathiniyah
6. Al-Qistos Al-Mustaqim
7. Faishol At-Tafarruq Bayna Al-islam Wa Az-Zindiqoh
8. Tahafut Al-Falasifah
9. Mi'yar Al-'ilm
10. Al-Maqshod Al-Asna Fi Syarh Asma'ul husna
11. Al-bhasith
12. Al-Wasith
13. Al-Wajiz
14. Al-Mustashfa
15. Al-Mankhul
16. Kimiya As-Sa'adah
17. Jawahir Al-Qur'an
18. Yaqut Atta'wil Fi tafsir Attanzil
19. Minhaj Al-'Abidin
20. Al-Arba'in Fi usuluddin
21. Maskatul Anwar
22. Ad-duror Al-fakhiroh Fi Kasfi 'ulum Al-akhiroh
23. 'Iljam Al-Awam 'an 'ilmi Al-Kalam
24. Bidayah Al-Hidayah
TAKUT MENANG TAPI TIDAK DI BAYAR ???
BalasHapusMau menang banyak dan langsung cair dalam hitungan menit ?
Hanya di P'O'K'E'R V`1`T`A yang bisa memuaskan pemain Judi Poker Online tanpa diragukan lagi.
100 % AKAN KAMI BAYAR ATAUPUN KEMBALIKAN DANA YANG ANDA MENANGKAN, BERAPAPUN NILAI NOMINAL TERSEBUT
BAHKAN RATUSAN JUTA !!!
P'O'K'E'R V`1`T`A Menyediakan BONUS-BONUS Untuk ANDA Diantaranya :
-BONUS REFERRAL 15% (SEUMUR HIDUP/SETIAP SENIN )
-BONUS CASHBACK TUROVER ( SETIAP HARI )
-NO ROBOT,NO ADMIN
-Proses Deposit dan Withdraw Dengan Cepat
-Dilayani CS Yang Ramah Dan Profesional
-Menyediakan 5 bank lokal : BCA,BNI,BRI,MANDIRI, DAN DANAMON
Festival Poker 2019
WA: 0812.2222.996
BBM : PKRVITA1 (HURUF BESAR)
Wechat: pokervitaofficial
Line: vitapoker